Minggu, 03 April 2011

Belajar VB Visual Basic | Pengertian Visual Basic | pengertian IDE Visual Basic


Visual Basic adalah salah satu development tools untuk membangun aplikasi dalam lingkungan windows. Dalam pengembangan aplikasi, visual basic menggunakan pendekatan visual untuk merancang user interface dalam membentuk form, sedangkan untuk kodingnya menggunakan bahasa basic yang cenderung mudah dipelajari. Visual basic telah menjadi tools yang terkenal bagi para pemula maupun para developer.

Dalam lingkungan window’s user interface sangat memegang peranan penting, karena dalam pemakaian aplikasi yang kita buat, pemakai senantiasa berinteraksi dengan user interface tanpa menyadari bahwa dibelakangnya berjalan intruksi – intruksi program yang mendukung tampilan dan proses yang dilakukan.

Pada pemrograman visual basic , pengembangan aplikasi dimulai dengan pembentukan user interface, kemudian mengatur properti dari objek-objek yang digunakan dalam user interface, dan baru dilakukan penulisan kode program untuk menangani kejadian-kejadian (event). Tahap pengembangan aplikasi demikian dikenal dengan istilah pengembangan aplikasi dengan pendekatan Bottom Up

IDE Visual Basic

Langkah awal dari belajar visual basic adalah mengenal IDE ( Integrated Development Environment ) Visual Basic yang merupakan lingkungan pengembangan terpadu bagi programmer dalam mengembangkan aplikasinya. Dengan menggunakan IDE Programmer dapat membuat user interface, melakukan koding, melakukan testing dan debugging serta mengkompilasi program menjadi executable. Penguasaan yang baik akan IDE akan sangat membantu programmer dalam mengefektifkan tugas – tugasnya sehingga dapat bekerja dengan efisien. (Disadur dari buku : Belajar Komputer Visual Basic, Drs.Daryanto, Penerbit Yrama Widya )

3 komentar:

Unknown mengatakan...

terima kasih info nya bro..

emil mengatakan...

terima kasih telah membantu saya mengerjakan tugas serta mempelajari lebih dalam lagi hal vb

Unknown mengatakan...

Okok makasih

Posting Komentar

1. "Blog ini Do Follow, silakan post untuk mendapatkan Backlink"
2. "Anda Follow, pasti saya Followback"
3. "Kalau mau Copy-Paste artikel boleh saja, tapi sumbernya ke blog ini"
4. "Terima Kasih Lagi . . . !!!"

Komentar Anda Sangat Kami Harapkan Untuk Kemajuan Blog Ini. isikan komentar anda disini !